Posted by : Unknown Selasa, 10 Juni 2014

Assalamualaikum..
Bagi sebagian mahasiswa/i (baca: sebagian besar) tugas akhir menjadi "beban pikiran tersendiri" atau bahkan "hantu", ga bisa tidur gegara memikirkan hal itu (iyalah orang cuma dipikirkan dikerjakan mah engga..heheh..). Postingan kali ini saya akan mencoba share beberapa tips untuk menghadapi gimana caranya menghadapi hari-hari selama mengerjakan tugas akhir, dan persiapan apa yang harus dilakukan ketika menjelang tugas akhir:
Tentunya yang saya bahas pada posting kali ini akan ada beberapa tipe mahasiswa/i jadi masing-masing tentu berbeda persiapannya, di chapter yang pertama saya akan beda kan persiapan berdasarkan karakter mahasiswa:

1. mahasiswa/i rajin & pinter
Yang termasuk kalangan ini pasti bakalan cepet2 cari informasi yang terbaru tentang sidang dan materi yang dibutuhkan untuk tugas akhir, sepertinya untuk tipe mahasiswa/i yang pertama ini ga bakal banyak saran, tapi juga jangan terlalu pede dan over acting, karena sombong itu hanya akan merugikan si empunya, so teruslah rajin mencari informasi, dan tetap rajin ke perpus, banyak bertanya ketika mendapatkan kesulitan, bisa ke dosen, ataupun teman lain, ataupun ke teman terbaik yang ga pernah marah.. yaitu mas bro google ya gakk.. buat mahasiswa yang rajin & pinter jangan pelit juga bagi ilmu dan informasi buat temen yang lagi kesulitan mengerjakan tugas akhirnya. Manfaatkan waktu luang dan kerjakan semaximal mungkin usahakan kamu bisa cepat menyelesaikan semuanya bab demi bab dengan membuat catatan perkembangan dan evaluasi tugas akhir yang dikerjakan, semakin cepat selesai, semakin tidur kita kembali pulas tanpa diganggu tugas akhir, betul gakk??

2. mahasiswa setengah-setengah
Maksudnya gimana?? yang termasuk kalangan ini adalah mahasiswa/i yang sebenernya rajin dan pinter tapi karena alasan tertentu (baca: kerja) misalnya, mereka tak punya banyak waktu untuk update info Tugas Akhir apalagi ke perpus. So saya sarankan, gunakan waktu libur kerja anda sebaik mungkin,, jika semester sebelum2nya kita masih berleha-leha dan memanfaatkan libur kerja dan kuliah  anda untuk main sepuasnya, tapi untuk sekarang ini, coba relakan waktu libur anda untuk mengerjakan Tugas Akhir sedikit, demi sedikit jika ada yang tidak dimengerti kan ada mahasiswa tipe 1 yang infonya update terus dan intensitas dengan dosen lebih banyak jadi bisa minta tolong kepadanya. Tapi jangan terlalu memaksakan karena badan kita juga punya hak untuk istirahat, kalau sekiranya sudah sangat penat dan lelah, prioritaskan untuk beristirahat secukupnya.

3. mahasiswa kupu-kupa ga jelas
Mereka yang termasuk dalam kalangan ini adalah mereka yang punya banyak waktu luang, tapi ga tau apa yang harus dilakukan, harus mulai dari mana, sehingga mereka hilang arah yang akhirnya mereka tak melakukan apa-apa,, menunggu keajaiban datang. Saran buat mahasiswa tipe ini adalah cari orang yang tepat untuk mengarahkan anda dalam mengerjakan Tugas Akhir istilah kerennya adalah "private/kursus". Jika tidak sesegera mungkin ambil tindakan dijamin mahasiswa ini bakalan menyerah sebelum berperang alias ikut gelombang berikutnya??..hayo siapa yang berminat. Saya yakin ga akan ada yang berminat untuk mengundur tahun kelulusan. Tapi tetaplah optimis, ikuti kursus dengan baik dan sungguh-sungguh karena itu bekal kamu saat sidang tugas akhir.  Heeee..cukup 3 karakter aja ya..

Next adalah tips saat akan menghadapi tugas akhir:

1. Cari tau tempat sidang, dengan mensurvey, bisa bertanya teman yang sudah pernah kesana atau datang kesana sebelum hari "H" sidang.

2. Pelajari materi sidang beberapa hari sebelum sidang, karena belajar mendadak tidak menghasilkan kualitas yang bagus, istirahat yang cukup dan jangan memforsir tubuh kita.

3. Siapkan semua file-file yang dibutuhkan contoh: makalah TA beserta copynya, slide presentasi, cd backup program, materai, program jadi (cek pastikan sudah tidak ada debugging) buatlah backup sebanyak-banyaknya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, bisa di google drive atau diemail kita, jadwal sidang, catatan jalur menuju tempat sidang (lihat google maps juga boleh), prosedur jalannya sidang jangan sampai ada proses/ tahapan yang terlewatkan seperti cek dokumen dibagian protokoler dll.

4.Bawa uang cash secukupnya untuk biaya transport dan makan, selebihnya bisa bawa kredit card dengan disimpan sehati-hati mungkin karena sidang biasanya di Jakarta, dan kita harus waspada terhadap kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.  
5.Pakailah baju biasa, perjalanan jauh menuju tempat sidang bisa membuat pakaian yang kita kenakan sudah tak lagi nyaman, ganti langsung dengan pakain untuk sidang sesampainya ditempat tujuan, dan pastikan kita telah sholat, cuci muka, berpakian rapi dan santun  agar saat sidang kondisi kita  terlihat baik dan fresh.

6. Sebelum masuk sidang pastikan file saat presentasi sudah siap dan tak ada yang tertinggal, jangan lupa berdoa, dan manfaatkan waktu menunggu giliran untuk membaca-baca lagi bahan materi yang akan diujikan.

7. Selamat berdebar-debar dan mengikuti sidang akhir..bismillah semoga semua lancar, dan pastikan telfon keluarga (mamah/bapak/kakak/adik) setelah selesai sidang, dan kabarkan bahwa semua baik-baik saja dan berjalan lancar.. mudah2an hasilnya pun memuaskan..:)

"Kamu adalah apa yang kamu pikirkan jika kamu mempunyai persiapan yang baik dan pandangan baik-baik saja dan semua berjalan dengan lancar, maka kamu adalah apa yang kamu pikirkan"

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Profilku

Setya Azzahra

"Terus belajar dan ikatlah ilmu dengan menuliskannya"...DISINI

Popular Posts

Copyright © yukkShareilmu -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan